Senin, 28 Maret 2011

تعريف الأدب*


تعريف الأدب*
الأدب هو الكلام الإنشائ البليغ الذي يقصد به إلي التأثير في عواطف القراء والسامعين
والأدب إصطلاحي:
1.   هو مايتحلي به الإنسان من سفات وأخلاق تؤدي إلي الناس له
2.   هو التهذيب أو التعليم
3.   هو الكلام أو الإنتجات اللغوي، وهو نوعان: نثر وشعر
النثر هو الكلام المرسل علي سجيته
الشعر هو الكلام المقيّد بقيود الترتيب والتقسيم والوزن والقافية
تعريفات الأدت من قول المعاصرين:
~      الأدب صياغة فنّية لتجربة بشرية
~      الأدب تعبير عن الحياة وسيلته اللغة
~      الأدب من مولدات الفكر البشر المعبر عنها بأسلوب فني جميل
~      الأدب فن التعبير الجميل
عناصر الأدب الأربعة:
~   العنصر العقلي : يتمثل في مختلف الأفكار أو المعاني
~   العنصر الوجداني أو العاطفي : يتمثل في الشعور
~   العنصر الخيالي : يتمثل في القدرة علي النظر القوي العميق
~   العنصر الفني : يقول علي حسن التأليف وجمال الأسلوب والعبارة وصوغ الجمل
المؤثرات العامة في الأدب :
~   دبيعة الإقليم ومناح البلد: التي تنهج لساكنهم سنن معاشهم ونظام اجتماعهم، وأخلاقهم وطباعهم
~   خصائص الجنس:
~   الحروب
~   دبيعة العمران وتوزيع الثروة
~   الأديان
~   العلوم
~   احوال السياسة الداخلية
~   اختلاط الأجناس با المصاهرة والمحاورة

أقسام الشعر عند العرب و الفرنجة
العرب يقسّمون الشعر إلي الفخر الحماسة و المدح والرساء والعتاب والغزل والتشبيب وغيرها من أغراض.
والأفرنج يقسم إلي ثلاثة أقسام :
1.   الشعر القصصي : يقوم علي سرد (menceritakan dengan detail)حوادث تاريخية أو غير تاريخية
2.   الشعر التمثيلي : الذي فيه يكون شعرا أو نثرا (drama)
3.   الشعر الغنائ : ويسمون شعر الذاتي (kepribadian) لأن موضوعه هو ذات العاقل التي يتغني بها ويتحدث عنها
معني تطور النثر في الأدب العربي
هو خلافه إلا أن ذلك لا يقنع الباحث والصحيح بأن الشعر الكلام الموزون المقفي والنثر ليس فيه وزن ولاقافية، وأنواعه :
1.   خطابة
2.   وصية
3.   متثل
4.   شج القخن
القصة في القرآن ذات هدف ديني
هي مسوقة للموعظة والتربية والتوجية. ولكنها نفي بكل مطالب الفن القصصي الخالص. وهي ليس كاتب القصصي لكنها كتاب التربية والتوجيه.
Cerita dalam al-Quran memiliki misi keagamaan, yaitu mengandung nasihat, pendidikan, dan petunjuk. Akan tetapi meskipun kisah dalam al-qur’an telah memenuhi semua tuntutan seni bercerita yang berkualitas.
Misi Kisah Dalam Al-Qur’an
Ketika berbicara tentang memanfaatkan Al-Quran dari aspek seni bercerita, maka secara otomatis seni Islami tidak terikat dengan cerita yang ada dalam Al-Quran, baik dari tema maupun cara penyampaian. Akan tetapi mengarah bagaimana cara menemukan petunjuk yang ada dalam cerita Al-Quran dengan makna yang luas, tidak dengan makna tekstual, dan petunjuk ini berada pada lingkup yang luas tanpa terbatas dengan tema atau seni saja.

Al Qur’an Adalah Sastra Terikat
Al-Quran hanya terikat oleh kehendak tuhan dalam sisi keindahan, susunan, keserasian, dan kefasihannya. Al-Quran ditujukan untuk menumbuhkan insan shaleh, insan yang searah dengan tuhan, tidak menyimpang dari-Nya. Untuk itu, manusia menjadikan Al-Quran sebagai alat untuk mengetahui keindahan dan keburukan dengan arti yang luas dan aspek-aspek yang mencakup perasaan, gagasan, dan tindakan yang pada akhirnya jiwa akan merasa tertarik pada keindahan dan menjauh dari keburukan tanpa merasa tertekan.
Yang tidak termasuk dalam Sastra Al Qur’an
    Cerita yang berbau Porno/skandal yang hanya ditujukan untuk merangsang naluri, cerita yang menggambarkan seakan-akan kehidupan ini adalah skandal saja, padahal hal itu tidaklah benar.
    Setiap cerita yang menceritakan kekejian –ayat tentang kekejian: individu, social, ekonomi, politik, atau moral- yang dijelaskan dalam bentuk yang ilmiah yang secara langsung menyatakan bahwa itulah hakikat manusia yang sesungguhnya, padahal tidaklah demikian
    Cerita yang mengkonsum cacat manusia
    Cerita yang memutarbalikkan Nilai atau fakta dengan mengambarkan kemenangan keburukan atas kebaikan sebagai sesuatu yang menjadi hukum alam, padahal tidaklah demikian (meskipun pernah terjadi pada suatu masa), dan semua cerita yang ditujukan untuk hal tertentu, maka tidak mungkin jika di dunia ini ada sesuatu tanpa tujuan.




* Edisi tugas akademik

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites